Trip : Air Terjun Sedudo dan Mitos Awet Muda

Sunday, January 4, 20150 komentar


Air Terjun Sedudo pada akhirnya menjadi destinasi kita mengisi waktu liburan idul adha. Terletak di desa Ngliman, Kec. Sawahan, Kab. Nganjuk, Jawa Timur, merupakan salah satu suatu obyek wisata yang menjadi andalan Kota Angin (Sebutan untuk kabupaten nganjuk). 

Ada hal unik dari Air Terjun Sedudo, yaitu mitos awet muda. Bagaimana bisa? ya,,masyarakat setempat memepercayai bahwa air terjun sedudo memiliki kekuatan supranatural. Konon, pada bulan Suro (Hitungan Kalender Jawa), dipercaya bisa membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut. Selain itu juga ada upacara ritual tahunan pada setiap yanggal 1 suro yang masih dilakukan hingga saat ini. Tak heran jika pada bula Suro banyak orang yang berkenjung ke tempat tersebut. Mitos itu sendiri sudah berlangsung sejak jaman majapahit. 

Sampai ditempat tujuan, langsung disambut oleh tempat parkir sepeda. Seusai memarkir sepeda kami lanjutkan perjalanan, dan untuk memcapai air terjun, kami harus menuruni anak tangga. Bagi kalian belum pernah berkunjung. jangan kuatir, tangga menuju air terjun tidak terlalu jauh. Jadi tidak akan menguras banyak tenaga. Selain itu wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup baik dan mudah diakses oleh transportasi.

Pagi itu terasa sangat dingin, namun hal itu tidak menyurutkan niat ku untuk merasakan mandi di air
terjun sedudo. Ya,,kali aja bisa dapat berkah awet muda.. :-D. Saat berada dalam air, suasana begitu segar dengan percikan-percikan air terjunnya. Puas kami menikmati mandi air terjun, kami naik kepermukaan. Dan benar saja tubuhku trasa menggigil,,berrrrrrr....! karena saya juga merokok, kucari sebatang rokok namun sudah dihabiskan temanku,,(kampret).


Akhirnya aku mencari rokok yang paling oke, Dji Sam Soe, ya samsu kebanyakan orang bilang begitu. Namun rasa dingin ini tak henti-hentinya menggerogoti tubuh ku. Kuputuskan mencari minuman penghangat badan. Lumayanlah bisa mengurangi sedikit rasa dingin. Selesai menikmati panorama air terjun sedudo, kami lanjutkan ke acara berikutnya. Namun untuk trip air terjun sedudo cukup sampai disini saja. Trimakasih telah mengikuti trip kami di toeropong.

Cukup sekian cerita tentang Air terjun sedodo. Yang pasti liburan kala itu terasa menyenangkan. Sampai bertemu lagi di Next Trip....

 

Share this article :

Post a Comment

 
Support : @fb toeropong
Copyright © 2011. Toeropong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger