Ledakan Yang Indah Vatnajokull ! Glester Terbesar di Islandia

Saturday, January 10, 20150 komentar

Ledakan Yang Indah Vatnajokull ! Glester Terbesar di Islandia

Glester adalah sebuah bongkahan es yang sangat besar dan terbentuk di atas permukaan tanah, merupakan akumulasi endapan salju yang membatu dalam kurun waktu sangat lama. Kebanyakan glester berada di daerah kutub, namun glester juga bisa berada di pegunungan tinggi di seluruh dunia.

Vatnajokull merupakan salah satu glester terbesar dan terindah di eropa yang terletak di negara Islandia. Memiliki luas sekitar 8100 Km2 dan titik paling tebal adalah 1000 meter. Dibawah lapisan es yang sangat tebal dan luas tersebut terdapat beberapa gunung berapi tersembunyi.

Alban henderyckx seorang fotografer asal Perancis berhasil mengabadikan beberapa moment indah selama melakukan perjalanan menuju Vatnajokull. Alban mengatakan untuk mendapatkan moment tersebut ia harus berjuang melawan kabut tebal selama 24 jam. Vatnajokull sendiri adalahl glester terbesar dan paling produktif di islandia, dan terbesar di Eropa

Glester merupakan sebuah ventilasi di permukaan bumi yang secara berkala dapat menyemburkan air panas dan uap ke permukaan. Beberapa glester diantaranya memiliki letusan yang meledakkan air panas dalam kuota yang cukup besar hingga ratusan meter di udara. seperti gambar dibawah ini, terlihat danau yang menyemburkan air dalam skala yang cukup besar.


Selain sembuaran air juga terdapat gunung yang menyemburkan uap. seperti gambar di bawah ini, nampak sebuh guning yang dikelilingi es menyemburkan uap ke langit. Semburan uap itu sendiri juga memiliki skala yang cukup jauh.

Namun, pemandangan yang terlihat di Vatnajokull sangat indah. Hal ini juga merupakan fenoma yang sangat unik dan menawan. Tak heran jika fenomena ini sempat menitra perhatian dunia. Untuk menikmati keindahan tersebut, anda harus siap melawan hawa yang sangt dingin.



[Image : Alban henderyckx ]
Share this article :

Post a Comment

 
Support : @fb toeropong
Copyright © 2011. Toeropong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger