Tips Mencegah Bau Mulut Agar Lebih Percaya Diri

Thursday, January 15, 20150 komentar

Tips Membersihkan Mulut Agar Lebih Percaya Diri

Bau mulut atau nafas yang tidak segar merupakan suatu keadaan yang sangat menggagu dan dapat membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Apalagi jika berbicara dekat dengan orang lain, atau saat anda berada dekat dengan kekasih anda. Pastinya anda akan merasa minder saat beredekatan dengan mereka.

Padahal, anda juga sudah menggosok gigi secara teratur. Tetapi aroma dalam tidak sedap masih saja tercium dari mulut anda. Ada beberapa indikasi, yang bisa menyebebkan bau nafas mulut menjadi tidak segar. Salah satu penyebab bau nafas yang tidak segar adalah karena makanan yang anda konsumsi setiap harinya. jadi anda harus teliti dalam memilih suatu makanan. berikut adalah bebrapa hal yang dapat mencegah bau nafas yang tidak segar :

1. Obat Kumur

Biasanya orang sudah puas hanya dengan sikat gigi saja. Namun untuk menghilangkan bakteri atau kuman pada mulut, anda bisa menggunakan obat kumur sebagai alternatifnya. Selain itu obat kumur juga bisa mengatasi sakit pada gusi. Tapi harus dperhatikan pemakainya, jangan sampai berlebihan.

Selain itu anda bisa menggunakan obat kumur alami dengan menggunakan garam. Ini merupakan cara yang paling praktis. Ambil satu gelas air putih hangat dan beri sedikit campuran garam kemudian gunakan sebagai obat kumur.

2. Minum Air Putih

Kekurangan air putih bisa membuat mulut anda bau, karena tubuh mengalami dehidrasi. Akibanya air liur kurang berkembang, padahal air liur cenderung membersihkan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Untuk itu, minum air putih sesudah makan bisa menjadi alternatif mencegah bau nafas tidak segar.

3. Konsumsi Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, ini dapat membantu nafas menjadi segar. Selain itu juga bisa mencegah dan mengurai racun yang disebabkan bakteri di dalam mulut. Selain itu, jeruk dapat menambah jumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jeruk nipis dapat membabtu menghiangkan bau mulut secara alami karena kandungan minyak limonoid. Senyawa ini dapat menyebabkan bau aromatic sehingga sngat efektif untuk membantu mnghilangkan bau mulut tidak sedap. Caranya ambil satu jeruk nipis dan peras kedalamsatu gelas air putih, kemudian tambahkan madu dengan takaran setengah sendok teh makan setelah itu minum 1 hingga 2 kali sehari.

4. Makan Sayuran Berserat Tinggi

Sayuran tidak hanya menyeratkan untuk tubuh, tetapi juga bisa mencegah bau mulut. Sayuran yang mengandung serat akan menstimulasi produksi saliva atau air liur. Saliva akan membantu. membersihkan plak atau sisa makanan yang masih tertinggal di mulut. Sayuran tersebut diantaranya seperti : Brokoli, Wortel, Seledri. Jadi ketika anda makan dengan meggunakan sayuran, selain melengkapi gizi juga bisa mencegah bau nafas tidak segar.

5. Kunyah Permen Karet
\
Permen Karet dapat meningkatkan sekresi air liur, hal ini dapat mencegah timbulnya bau nafas yang tidak segar pada mulut. Permen karet berguna dalam membatu memebrsihkan sisa makanan dalam mulut. Permen karet yang lebih dianjurkan adalah permen karet mint atau permen karet tanpa kandungan gula, karena gula justru akan meningkatkan resiko pertumbuhan bakteri pada mulut.

6. Minum Teh Hijau

Teh hijau juga dapat mencegah timbulnya bau mulut karena karena mengandung Flavonoid. Sebuah kandungan yang mampu mengurai bau kuman pada gigi. Selain itu di dalalam teh hijau juga terdapat kandungan polifenol yang ampuh untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Tak hanya mencegah bau nafas yang tidak segar, teh hijau juga terdapat beberapa kandungan untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

7. Yogurt

Yogurt bisa membantu mengurangi populasi bakteri penyebab bau mulut, namun harus di konsumsi tanpa gula. Yogurt mengandung vitamin D yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan gigi. Bahkan, jika rutin mengkonsumsi yogurt bisa mengurangi plak atau karang gigi dan juga resiko penyakit yang ditimbulkan oleh mulut dan gigi.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : @fb toeropong
Copyright © 2011. Toeropong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger