Pesawat Tenaga Surya Siap Tuntaskan Misi Kelliling Dunia

Friday, January 23, 20150 komentar

Pesawat Tenaga Surya Siap Tuntaskan Misi Keliling Dunia
Bentrand Piccard dan Andre Borschberg adalah dua pilot yang berencana untuk terbang keseluruh dunia dengan pesawat pesawat bertenaga murni oleh  energi surya.

Sebelumnya, meraka telah melakukan uji coba selama dua bulan pada tahun 2013 yang lalu, sebagai persiapan untuk melakukan misi terbang keliling dunia. Rute yang digunakan sebagai uji coba yaitu seluaruh Amerika.

Dimulai dari San Francisco pada awal bulan mei, dan singgah di lima kota sebelum akhirnya menyelesaikan pendaratan di New York. Pesawat beretnaga surya tersebut lepas landas menuju New York dari pinggiran kota Whasington DC. Untuk mengelilingi Amerika, pesawat Solar Impluse buatan Swiss itu menggunakan 11.000 tenaga sel surya.

Pilot-pilot yang sudah mencatat rekor terbang tanpa bahan bahar sedikit pun kini sedang bersiap untuk melakukan misi terbang keliling dunia tanpa menggunakan bahan bakar sedikit pun, dan hanya mengandalkan tenaga surya. Mereka berencana melakukan misi tersebut, dalam waktu kurang lebih lima bulan.

Saat ini pesawat tenaga surya sudah berada di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab untuk melakukan persiapan yang memang sebelumnya sudah direnanakan untuk memulai penerbangan dari Abu Dhabi. Diperkirakan penerbangan siap pada akhir februari atau awal bulan maret 2015. Pesawat dengan tenaga Solar Impulse 2 (Si2) dengan lebar sayap Aibus A380 tersebuta akan menempuh jarak 35.000 Km.

Solar Impulse 2 (Si2) merupakan pesawat berbahan serat karbon, yang dilapisi 17.248 sel surya untuk memanen tenaga matahari yang nantinya akan digunakan untuk menggerakan mesin pesawat ketika terbang. Sementara itu kedua pilot akan bergantian memegang kontrol diruang kabin kecil selama lima hari (siang dan malam) secara berturut-turut.

Piccard dan Borschberg sudah menetapkan rute penerbangannya. Pertama meraka akan mampir di Muscat, Oman kemudian pergi ke Ahmedabad dan Varanasi, India, Mandalay, Myanmar, Chongqing dan Nanjing di Chia, dan Thiongkok.

Setelah itu, mereka akan mendarat di Hawai, menuju ke benua Amerika dengan tiga pemberhentian: Phoenix, area Midwest, serta bandara Internasional JFK di kota New York. Berikutnya Piccard dan Borshberg akan akan melintasi Atalantik dan berhenri di wilaah selatan Eropa atau Utara Afrika sebelum pesawat akhirnya kembali lagi ke Abu Dhabi.

Untuk mengelilingi dunia, Solar Impulse 2 (Si2) harus melakukan apa yang pesawat-pesawat lain belumpernah lakukan. Sebeumnya mereka juga sudah pernah melakukan uji coba dengan terbang lima hari berturut-turut tanpa bahan bakar, menyebrang lautan dari satu benua ke benua lainya. Dan sekarang mereka akan melakukan penerbangan keliling dunia selama lima bulan dengan jarak 35.000 Km pada kecepatan 50-100 Kph. Ini adalah hal yang sangat luar biasa.

Piccard, yang merupakan salah satu pilot mengatakan tujuan proyek ini adalah untuk menunjukkan manfaat sumber-sumber energi terbarukan dan teknologi bersih. Ia juga mengatakan, "jika peawat dapat terbang tanpa bahan bakar keseluruh dunia, bayangkan tenaga itu bisa di pakai dimanapun?". Mungkin saja ini nantinya tenaga surya tidah hanya dijadikan alternatif, namun bisa dijadikan sebagai sumber daya utama untuk di pakai di berbagai kebutuhan hidup.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : @fb toeropong
Copyright © 2011. Toeropong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger