5 Bank Terkaya Di Dunia

Sunday, November 30, 20140 komentar

Industri perbankan merupakan salah satu industri yang membuat dunia terus berputar karena sektor ini mampu mengendalikan uang, khususnya bank-bank besar. 

Lantas, sebenarnya berapa banyak uang, aset, atau ekuitas yang dimiliki bank-bank besar sehingga mampu mengendalikan perputaran uang di dunia?

Ada banyak cara untuk bisa menilai berapa besar sebuah lembaga keuangan, salah satunya dari total aset yang dimiliki. Namun, cara mengukur dan menghitung total aset sebuah perbankan di Amerika Serikat (AS) berbeda-beda tergantung dari cara penghitungan akuntansi mereka, sehingga ini yang menciptakan perbedaan dalam total aset yang dilaporkan.

Namun di sisi lain, ada cara yang lebih mudah untuk mengukur besaran sebuah perusahaan yaitu dilihat dari kapitalisasi pasar. Kekayaan bersih sebuah perusahaan publik adalah ditentukan oleh kapitalisasi pasarnya. 

Dengan pemikiran ini, berikut adalah lima bank terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar mereka seperti dilansir detik.com :

1. Bank of China

Secara teknis bank tertua di China, Bank of China didirikan pada tahun 1912 untuk menggantikan Kekaisaran Bank of China. Dengan cabang di seluruh dunia, Bank of China meraup keuntungan di tahun 2013 sebesar US$ 26,4 miliar, ini merupakan bank terbesar keempat berdasarkan kapitalisasi pasar. Total pendapatan mencapai US$ 105 miliar, sementara kapitalisasi pasarnya sebesar US$ 115,92 miliar pada tahun 2014.

2. Agricultural Bank of China

Agricultural Bank of China adalah bank negara dengan aset terbesar pemberi pinjaman ke pedesaan dengan lebih dari 320 juta pelanggan ritel, hampir 3 juta klien, dan 24.000 cabang di seluruh dunia. Bank Pertanian China juga merupakan salah satu perusahaan publik yang paling kuat di dunia setelah melakukan IPO terbesar di dunia pada tahun 2010. Laba bersih bank  ini naik sekitar 15% pada 2013 sebesar US$ 27,02 miliar, dan yang paling penting, Bank Pertanian China ini kapitalisasi pasarnya mencapai US$ 126,41 miliar.

3. Commonwealth Bank of Australia 

Didirikan pada tahun 1911, Commonwealth Bank of Australia merupakan bank multinasional dan perusahaan swasta terbesar kedua di Australia yang terdaftar di bursa efek. Bank ini spesialisasi dalam banyak layanan, dari konsumen KPR dan asuransi, yang merupakan salah satu bank dari empat bank besar di Australia. Meskipun bank ini tidak masuk dalam 20 bank terbesar berdasarkan total aset, namun Commonwealth Bank of Australia menduduki peringkat kesepuluh dengan kapitalisasi pasar US$ 131,53 miliar.

4. Citigroup 

Citigroup  Inc berbasis di Manhattan, New York. Setelah menderita kerugian akibat krisis keuangan tahun 2008 silam, Citigroup Inc mampu pulih dari keterpurukannnya di tahun 2013 dengan mencatatkan surplus US$ 420 miliar dari surat berharga  dan mencatatkan total ekuitas sebesar US$ 204 miliar. Sementara itu, kapitalisasi pasar mencapai US$ 144,63 miliar pada tahun 2014.

5. China Construction Bank

China Construction Bank merupakan bank terbesar kedua di China. Laba bersih bank ini mencapai US$ 34,98 miliar di tahun lalu, yang merupakan peningkatan lebih dari 11% dari tahun 2012. Setelah menetapkan rekor IPO tertinggi kedua di China pada tahun 2007 sebesar US$ 7,6 miliar, kapitalisasi pasar perusahaan ini telah berkembang pesat. Pada Juni 2014, kapitalisasi pasar bank ini mencapai US$ 160,83 miliar menjadikan bank ini bank terbesar keenam di dunia.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : @fb toeropong
Copyright © 2011. Toeropong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger