Kapuas, Sungai Terpanjang di Indonesia

Wednesday, November 5, 20140 komentar



Sungai Kapuas atau disebut juga sungai kapuas buhang adalah sungai yang terletak di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Indonesia dan salah satu dari sunga terpanjang di dunia yang ke 138, yaitu dengan panjang 1.143 Km.

Sejarah

Nama sungai kapuas diambil dari nama daerah kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sunga yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga muaranya disebut sungai Kapuas. Namun kesultanan banjar menyebutnya Batang Lawaiyang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang kabupaten Melawai) sehingga nama sunggai yang mengalir dari kabupaten Melawai hingga muaranya disekitar kota Pontianak disebut sungai/Batang Lawai.

Jenis Ikan

Sungai Kapuasn merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan yang diantaranya ada 12 jenis ikan langka dari 40 jenis ikan yang hampir terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sunga Kapuas bisa mencapi 2 juta ton. Hutan yang masih terjaga dengan baik membuat sungai Kapuas terlindung kelestarianya.

Jembatan Kapuas di Malam hari
Keadaan Sekarang

Belakangan, sungai ini tercemar berat akibataktivitas penambangan emas di sungai ini. Walau telah mengalami pencemaran namun sungai Kapuas tetap menjadi urat nadi baagi kehidupan masyarakat disepanjang aliran sungai. ini. Sebagai sarana gtransportasi yang murah, sungai Kapuas dapt menghubungkan daerah satu dengan daerah lain di Kalimantan Barat.  Selain itu juga merupakan sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi penangkap ikan.

Share this article :

Post a Comment

 
Support : @fb toeropong
Copyright © 2011. Toeropong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger