5 Generasi Komputer dan Perkembangannya

Wednesday, November 19, 20140 komentar

5 Generasi Komputer dan Perkembangannya
Komputer merupakan suatu alat mekanik/Elektronik yang digunakan untuk membantu aktifitas baik di bidang pendidikan, lingkuangan kerja, bisnis ataupun kebutuhan pribadi, yang mana sangat membantu baik untuk pengelolaan keuangan dan kebutuhan lainya.

Sekarang ini komputer sudah semakin berkembang, dari yang sebelumnya hanyalah sebuah alat bantu hitung saja. Komputer seiring berjalannya waktu mengalami perkembangan yang begitu pesat dari generasi ke generasi. Namun, bagaimanah awal mula perkembangan komputer hingga bisa sampai seperti sekarang ini. Mari kita simak, sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi :

1. Komputer Generasi Pertama (Tahun 1946-1959)

Komputer Generasi pertama memanfaatkan sebuah tabung vakum untuk menjalankan komputer. Electronik Numerical  Integrator dan Computer (ENIAC), merupakan awal dari komputer generasi pertama. Komputer ini di selesaikan oleh pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1946. ENIAC terdiri tabung vakum yang berjumlah 18.000, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder. ENIAC dirancang oleh John P. Eckert dan John W. Mauchlydan bekerja lebih cepat dibandingkan dengan Mark I.

Sebelumnya, Von Neumann, mendesain Electronik Discrete Variable Aitomatic Compter (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memory untuk menampung program maupun data, yang memungkinkan komputer berhenti suatu saat dan melanjutkan pekerjaanya kembali. Von Neumann memanfaat pemrosen sentral (CPU), yang memusaatjan proses pada satu sumber. Namun hal itu masih berupa  rancangan. Tahun 1951UNIVAC I (Universal Automatic Computer) yang dibuat oleh Remington Rand, behasil membuat komputer pertama yang menggunakan rancangan Von Neumann.

2. Komputer Generasi Kedua (1956-1965)

Komputer generasi kedua memanfaarkan Transistor untuk menjalankan proses sebuah komputer. Transistor mulai digunakan didalam komputer pada tahun 1956, dimana awal dari perkembangan komputer generasi kedua. Sebelumnya,Transistor telah diciptakan pada tahun 1948 dan menggantikan tabung vakum sebagai pemroses komputer. Selain transistor, juga telah ditemukan memory inti magnetic, uang memungkinkan komputer generasi kedua yang lebih keci, cepat dan dapat diandalkan.

Pada awal tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua, dimana bisa dimanfaatkan dibidang Bisnis, Universitas dan Pemerintahan. Pada tahun 1965 hampir seluruh bisnis-bisnis memanfaatkan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangannya.

3. Komputer Generasi Ketiga (1966-1979)

Komputer generasi ketiga memanfatkan komponen Elektronik dari Integrated Circuit (IC). IC mulai digunakan didalam komputer generasi ketiga, dan meninggalkan transistor sebagi pemroses. Hal itu dikarenakan transistor dapat berpotensi merusak bagian internal komputer karena menghasilkan pans yang cukup besar.

Sebelumnya, IC mulai dikembangkan pada tahun 1958. IC adalah sebuah chip kecil, yang didalamnya terdapat komponen-komponen yang sudah dipadatkan, hasilnya komputer bisa berukuran lebih kecil. Selain IC, komputer generasi ketiga juga sudah memanfaatkan Sistem operasi (Operating System) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan program secara serentak.

4. Komputer Generasi Keempat (1980-Sekarang)

Komputer generasi keempat memanfaat Microprosesor sebagai pemroses komputer. Pada tahun 1971, perusahaan intel kemudian mengeluarkan  microprosesor versi 4004 yang mana membawa kemajuan pesat pada IC dengan meletakkan seluruh kompoonen (CPU,memory,inputt/output) pada komputer didalam sebuah chip yang sangat kecil. Pada tahun 1980-an, pengembangan Microprosesor lebih baik lagi karena bisa dimana bisa memasukkan jutaan komponen dalam sebuah chip kecil.

Pada tahun 1981, IBM mempekenalkan sebuah PC (Personal Computer) untuk penggunaan rumah, kantor, sekolah. Selanjutnya komputer semakin berkembang lagi dengan ukuran yang lebih kecil lagi. dari komputer dengan monitor tabung, sampai laptop seperti sekarang ini.

5. Komputer Generasi Kelima (Sekarang-Masa Depan)

Untuk membahas masalah perkembangan komputer geneasi kelima memang terlalu awal. Namun Sudah anda tanda-tanda mengenai hal itu. Contoh sederhana adalaha, sudah adanya teknologi layar sentuh (touch screen), in voice (saat anda menggunakan suara untuk melakukan pencarian di web). teknologi tanpa kabel (memanfaatkan blutooth dan wlan) dll.

Selain itu adanya teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran electrik tanpa hambatan apapun yang nantinya akan mempercepat kecepatan. Adalah Jepang, Negara yang diketahui telang mencoba mengembangkan komputer generasi kelima.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : @fb toeropong
Copyright © 2011. Toeropong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger