5 Kerajaan Tertua di Indonesia

Monday, November 17, 20140 komentar

5 Kerajaan Tertua di Indonesia
Jauh sebelum negara Indonesia menjadi negara Demokrasi, awalnya Indonesia adalah pulau yang terbagi oleh beberapa kerajaan dan dipimpin oleh raja-raja mereka sendiri.

Pada mulanya Indonesia mulai berkembang pada zaman Hindu-Budha berkat hubungan dagang dengan negara-negara tetangga. Agama Hindu masuk diperkirakan pada awal tarikh masehi, dibawa oleh para musafir dari india yaitu Maha Resi Agastya, yang di Jawa terkenal dengan sebutan Batara Guru atau Dwipayana dan juga para musafir dari Tiongkok yakni Budha Pahyien.

Dari sejumlah kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia, adalah Kerajaan Kandis merupakan Kerajaan tertua yang ada di Indonesia. Diperkiran kerajaan tersebut berdiri Sebelum abad Masehi. Nah, berikut adalah lima kerajaan tertua yang ada di Indonesia :

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan Kutai berdiri sekitar abad ke-4. Kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur, tepatnya di hulu sungai Mahakam. Nama kutai diberikan oleh para ahli mengambil nama dari tempat ditemukanya prasasti yang menunjukkan ekstensi kerajaan tersebut. Kerajaan Kutai saat itu dipimpin oleh Raja Mulawarma. Hal itu disebutkan dalam prasasti Yupa, salah satu dari tujuh prasati yang telah ditemukan. Namanya dicatat dalam Yupa karena kedermawananya menyedekahkan 20.000 ekor sapi untik kamum brahmana

2. Kerajaan Sekala Brak

Kerajaan Sekala Brak berdiri sekitar abad ke-3, adalah kerajaanyang bercirikan Hindu dan dikenal dengan Kerajaan Sekala Brak Hindu. Namun setelah kedatangan Empat Umpu dari Pagaruyung yang menyebrakan agama islam kemudian berubah menjadi Kepaksian Sekala Brak. Kerajaan ini terletak di kaki gunung Persagi (gunung tertinggi di lampung) yang menjadi cikal bakal suku bangsa etnis Lampung saat ini.

Kerajaan Sekala Brak saat itu masih dikuasai oleh Buay Tumi, sebubelum akhirnya dikuasai ole Empat Pagaruyung. Hal itu dibuktikan dengan ditemukanya Prasasti Hujung Langit (Hara Kuning) bertarikh 9 Margasira 919 Caka dan ditemukan di Bunuk Tenuar Liwa yang mana ditemukan pahatan nama raja pertama kali yaitu Raja Buay Tumi.

3. Kerajaan Melayu Tua Jambi

Kerajaan Melayu tua jambi diperkirakan berdiri pada abad ke-2.  ada tiga kerajaan melayu yang pernah berdiri di Jambi. Dua diantaranya bercorak Hindu-Budha yang pertama adalah Kerajaan Melayu Tua, sebelum akhirnya berganti menjadi Dharmasraya (Kerajaan Melayu Muda). Dan yang terakhi adalah Kesultanan Jambi yang bercorak Islam (Melayu Islam).

4. Kerajaan Salakanagara

Kerajaan Salakanegara (Negeri Perak) diperkirakan berdiri sekitar abad-1. Namun berdasarkan naskah Wangsakerta, kerajaan ini merupakan kerajaan pertama yang ada di nusantara. Dewawarman adalah raja pertama dari Kerajaan Salangkanagara dengan gelar Prabu Darmalokapala Dewawarman ajisaka Gapura Sagara. Sebelumnya mendirikan kerajaan Salangkanagara, Dewawarman menerima tongkat kekuasaan dari Aki Tirem (Penguasa saat itu) yang merupakan ayah dari wanita yang dinikahinya. Dan pada akhirnya ia mendirikan kerajaan Salangkanagara yang beribukota di Rajatapura.

5. Kerajaan Kandis

Kerajaan Kandis merupakan kerajaan tertua di nusantara yang diperkirakan berdiri sebelum abad Masehi. Kerajaan Kandis berdiri di Sumatra, terletak di kota Alang, Wilayah Lubuk Jambi, Kabupaten Kuatan Singingi, Riau. Sebutan untuk seorang raja disana adalah Patih atau Tumenggung. Maharaja Diraja merupakan pendiri sekaligus Patih dari Kerajaan Kandis.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : @fb toeropong
Copyright © 2011. Toeropong - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger